top of page

Tips Memilih Jasa Ekspedisi yang Aman

Perkembangan teknologi yang sudah semakin pesat, membuat persaingan jasa sewa ekspedisi pun semakin meningkat. Bahkan saat ini jasa tersebut kebanyakan sudah dapat menerima pesanan secara online, oleh karena itu perusahaan bahkan telah menyediakan provider internet kantor yang memadai dengan tujuan dapat melayani pemesanan jasa secara online dan sekaligus dapat digunakan oleh customer.

Setiap customer biasanya menyewa jasa ekspedisi dengan harapan barang yang dibawanya akan selamat sampai tujuan tanpa ada lecet sedikitpun. Kesalahan memilih jasa ekspedisi kemungkinan besar masalah masalah di atas akan terjadi tanpa kita rencanakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya menggunakan jasa ekspedisi yang sudah terpercaya dan terbukti amanah serta profesional di bidangnya.

Jasa Ekpedisi, Sumber: Unsplash

Pemilihan jasa ekspedisi yang aman sangatlah penting dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Alasannya karena penggunaan jasa ekspedisi merupakan salah satu tips angkut barang untuk dapat membawa barang dengan jumlah banyak. Oleh karena itu kami akan membahas mengenai tips memilih jasa ekspedisi yang aman seperti berikut ini:

1. Pilihlah Jasa Ekspedisi yang Rute dan Jangkauannya Luas

sebagai seorang customer, pemilihan jasa ekspedisi dengan rute dan jangkauan yang luas harus menjadi kriteria utama dalam menentukan jasa pengiriman. Yang dimaksud jangkauan luas adalah jasa ekspedisi yang dapat melayani pengiriman barang dari dalam negeri dari berbagai daerah hingga keluar negeri bila perlu.

Hal tersebut diatas dilakukan agar suatu saat jika anda ingin mendatangkan pengiriman barang dari tempat tempat tersebut dapat dilayani sebaik mungkin dengan tingkat kepercayaan yang sudah ada sebelumnya. Untuk mencari kriteria ini anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak jasa ekspedisi yang menerapkan sistem tersebut di perusahaan saya.

2. Memiliki Track Record Pengiriman Selalu Tepat Waktu

hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan mengenai trek record pengiriman yang dilakukan dan ulasan ulasan dari costumer sebelum anda. Sebab ketepatan pengiriman akan berpengaruh kepada tingkat kemajuan usaha dan kepercayaan anda sebagai customer.

Pengiriman tepat waktu ini tidak memiliki pengecualian walau pelayanannya dilakukan ke pelosok negeri sekalipun, karena masalah waktu dapat disesuaikan dengan perjanjian awal sebelum penggunaan jasa mulai dilakukan. Oleh karenanya sebagai customer anda harus mendapat kejelasan mengenai target waktu pengiriman dan sampainya barang tersebut ke tangan anda.

3. Dapat Mengangkut Pengiriman Paket yang Beragam

Selanjutnya sebagai customer, carilah jasa ekspedisi yang dapat mengangkut pengiriman paket yang beragam. Maksudnya setiap customer tetap melakukan pengiriman barang dengan jenis yang berbeda beda, maka usaha jasa yang anda pesan dapat mengcover dan melayani semua jenis barang tersebut.

Dapat Mengangkut Pengiriman yang Barang Beragam


Hal ini dilakukan agar suatu saat anda melakukan pengiriman barang tidak perlu repot repot mencari jasa ekspedisi lain yang harus anda cari tahu lagi kelebihan atau trek recordnya dan tentu hanya tetap menggunakan jasa angkut yang lama yang sudah anda percayai sebelumnya.

4. Memiliki Jasa Layanan yang Lengkap dan Variatif

Selanjutnya sebagai customer, carilah jasa layanan yang lengkap dan variatif. Maksudnya adalah setiap penyedia jasa memiliki kelebihan dan kekurangan dimana salah satunya tentu telah menyediakan jasa layanan lengkap dan sangat variatif untuk digunakan sebagai salah satu strategi pasar persaingan dalam memancing customer menggunakan jasanya, mulai dari jasa darat, laut, maupun udara.

Contoh jasa layanan yang lengkap dan bervariatif seperti Trawl Pack (pengiriman paket dan logistic untuk dalam negeri), Trawl Carrier (pengiriman segala jenis kendaraan untuk dalam negeri), Trawl Boat (pengiriman barang atau logistic menggunakan kapal), Trawl Exim (pengiriman barang keluar negeri), dan masih banyak lagi.

5. Memiliki Jaminan Pengemasan yang Aman Untuk Paket yang Dikirimnya

Selanjutnya sebagai customer anda perlu mengetahui jenis dan cara pengemasan yang dilakukan oleh penyedia jasa ekspedisi yang akan anda pakai. Setiap jenis barang tentu harus memiliki pengemasan dan perlakuan yang berbeda beda, salah satu contohnya jenis kemasan makanan harus dikemas menggunakan dos atau box kotak agar aman dan selamat sampai ke tangan customer.

Memiliki Jaminan Pengemasan yang Aman Untuk Paket yang Dikirimnya, Sumber: Unsplash

Bila perlu gunakanlah jasa ekspedisi yang telah memiliki jaminan keamanan untuk setiap paket yang diantar. Biasanya pihak jasa ekspedisi bekerjasama dengan jasa asuransi tertentu yang langsung menyediakan jaminan dengan syarat dan ketentuan tertentu. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi calon pengguna jasa untuk meminta kejelasan terlebih dahulu terkait jaminan paket kiriman yang akan dikirimnya.

6. Memiliki Standar Tarif Pengiriman yang Jelas dan Ekonomis

Tips selanjutnya sebagai customer, carilah jasa ekspedisi yang memiliki standar tarif pengiriman yang jelas dan ekonomis. Maksudnya adalah carilah perusahaan yang telah menyediakan informasi pengecekan tariff melalui website website resminya agar anda dapat menghitung terlebih dahulu seberapa banyak ongkos kirim yang akan anda keluarkan.

Selain itu juga, setiap customer juga tentu menginginkan biaya pengiriman yang ekonomis dan berkualitas, oleh karenanya anda tidak perlu khawatir karena saat ini banyak perusahaan jasa yang mementingkan hal tersebut sebagai prioritas utama setelah keamanannya.

7. Memiliki Fitur Tracking Mandiri

Tips terakhir adalah carilah perusahaan jasa yang telah menyediakan fiture tracking. Fitur tracking sendiri berfungsi untuk melacak atau memantau barang anda melalui nomor resi yang tersedia secara mandiri, sehingga anda benar benar mengetahui posisi barang anda saat itu. Hal ini tentu akan membantu pengirim maupun penerima untuk membuat rasa aman terhadap barang yang dikirimnya.

Penggunaan fitur ini mungkin belum semua perusahaan jasa ekspedisi memilikinya. Namun karena cara kerja aplikasi tracking barang sangat simple, gunakanlah jasa pembuatan aplikasi untuk melakukannya jika perusahaan anda belum memiliki fitur tersebut. Hal ini penting karena customer selalu mementingkan keamanan begitu pula anda sebagai jasa pengirim.

Nah, itulah beberapa tips memilih jasa ekspedisi yang aman untuk barang anda. Semoga penjelasan kami diatas dapat menjadi sumber informasi sekaligus referensi sebelum melakukan penyewaan jasa pengiriman.


Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page