top of page

7+ Tips Menentukan Jenis Sofa Kekinian Untuk Ruang Tamu Minimalis

Mebel atau bisa disebut dengan furniture merupakan sebuah perlengkapan rumah yang mencakup semua barang seperti kursi, meja, lemari, dan lain-lain. Dalam menentukan sebuah desain interior untuk menata perabotan rumah itu sangat diperlukan.


Karena untuk dapat menampilkan suasana ruangan rumah yang lebih nyaman dan elegan. Terutama pada saat menentukan jenis sofa yang harus dipilih untuk ruangan tamu yang hanya memiliki ukuran minimalis. Jadi sangat perlu untuk memperhatikan bagaimana caranya ruangan tersebut terlihat lebih nyaman dan terlihat menarik.


Tips dan Cara Memilih Sofa yang Cocok Untuk Ruang Tamu Minimalis


Untuk memperindah tampilan interior rumah anda tentu yang harus diperhatikan adalah masalah penataan furnitur. Dan jika ruangan rumah anda memiliki ukuran yang tidak luas, tentunya anda harus bisa menentukan jenis sofa yang cocok untuk ruangan minimalis.


Sebagai perabotan yang digunakan untuk menjamu tamu, tentunya sangat penting untuk memilih sofa atau kursi yang nyaman digunakan. Untuk memiliki sofa yang cocok untuk ruang tamu minimalis, anda bisa pilih sofa jogja yang banyak model dan jenisnya.


Jenis sofa minimalsi untuk ruang tamu, sumber: www.bramblefurniture.com
Jenis sofa minimalsi untuk ruang tamu, sumber: www.bramblefurniture.com

Dalam memilih sofa memang tidak bisa sembarangan. Karena selain untuk digunakan sebagai tempat duduk, penggunaan sofa juga bisa dimanfaatkan untuk mendekorasi ruang tamu. Berikut ini ada beberapa tips dan cara untuk memilih sofa yang cocok untuk ruang tamu minimalis, diantaranya:


1. Menentukan ukuran sofa untuk ruang tamu


Untuk menentukan ukuran sofa yang cocok untuk ruang tamu minimalis, langkah yang harus anda lakukan adalah mengukur luas dari ruang tamu tersebut. Dengan mengukur ruang tamu anda bisa menyesuaikan ukuran sofa yang akan dipilih.


Jika ruang tamu anda tidak terlalu besar atau minimalis, maka anda bisa memilih jenis sofa yang tidak terlalu besar. Dan jangan sampai untuk area ruang tamu anda menjadi sempit yang nantinya dapat menyulitkan orang untuk beraktivitas.


2. Menentukan konsep penempatan sofa


Dalam menata furniture interior ruang tamu anda bisa tentukan konsepnya terlebih dahulu. Karena menentukan konsep peletakan sofa ini memiliki pengaruh besar terhadap suasana ruang tamu. Jadi anda dapat merencanakan peletakan sofa yang cocok untuk ruang tamu tersebut. Selanjutnya anda dapat menerapkan konsep minimalis dengan pemilihan elemen interior yang tidak begitu ramai agar ruangan tersebut tetap terasa luas dan nyaman.


3. Pilihlah kerangka sofa yang berkualitas


Untuk memilih sofa yang berkualitas anda bisa pilih rangka sofa yang kuat dan awet. Ada dua jenis bahan rangka sofa untuk ruang tamu minimalis yang dapat anda pilih, yaitu rangka sofa dengan bahan kayu besi dan kayu solid.


Kelebihan dari bahan ini adalah dapat bertahan lama dan kokoh. Lalu anda jangan memilih rangka sofa yang terbuat dari papan kayu partikel, plywood standar, dan density fiberboard karena ketahanan bahan ini tidak teruji kualitasnya.


4. Pilihlah warna sofa yang sesuai dengan ruangan


Masalah pemilihan warna untuk sofa juga menjadi hal yang penting. Karena warna sofa ini dapat mempengaruhi kesenjangan ruang tamu. Anda dapat memilih sofa dengan warna yang netral dan pastel, misalnya warna putih, abu-abu, krem, dan lain-lain.


Pilih warna sofa yang sesuai ruangan, sumber: cellini.co.id
Pilih warna sofa yang sesuai ruangan, sumber: cellini.co.id

Penggunaan warna netral ini biasa dipakai untuk memperindah desain interior rumah yang dikelola oleh jasa interior di Jogja. Dengan pemilihan warna yang sesuai, maka tampilan ruang tamu akan lebih elegan dan memberikan tampilan yang luas.


5. Menentukan material lapisan pada sofa


Selain untuk menentukan warna sofa, anda juga harus tetap mempertimbangkan bahan dari lapisan sofa tersebut. Material pelapis dengan menggunakan bahan berkualitas akan membuat sofa terasa lebih nyaman ketika diduduki. Anda bisa memilih beberapa bahan pelapis yang nyaman untuk sofa, misalnya bahan katun, kanvas, denim, kulit sintetis, dan lain-lain.


6. Pemilihan jenis busa yang nyaman


Pemilihan sofa untuk ruang tamu selanjutnya adalah penggunaan busa duduk yang nyaman. Hak ini harus anda perhatikan sebab, jika anda memilih jenis busa untuk sofa terlalu keras yang nantinya akan membuat para tamu tidak merasa nyaman.


Dan sebaliknya jika pemilihan jenis busa yang terlalu empuk nanti bentuk sofa tersebut akan cepat berubah. Maka dari itu, anda harus memilih jenis busa yang kualitasnya baik dan awet. Busa yang memiliki kualitas yang baik akan menjamin kenyamanan pada sofa tersebut ketika diduduki.


7. Memilih bentuk sofa yang minimalis


Jenis sofa minimalis, sumber: cdns.klimg.com
Jenis sofa minimalis, sumber: cdns.klimg.com

Apabila ruang tamu anda memiliki ukuran yang tidak besar, maka anda juga harus menggunakan sofa yang sesuai dengan kapasitas ruangan tersebut agar tidak terkesan sempit. Untuk memiliki tampilan ruang tamu yang minimalis, alternatifnya adalah anda dapat aplikasikan jenis sofa yang berbentuk huruf L pada sudut ruang tamu dan anda dapat menambahkan meja kecil pada bagian depannya.


8. Perhatikan kenyamanan pada sofa


Dalam pemilihan jenis sofa yang berkualitas tentu dari segi kenyamanan sofa harus tetap diperhatikan dan menjadi pertimbangan paling penting. Hal ini karena fungsi sofa sendiri adalah sebagai tempat duduk untuk bersantai ketika anda lelah ataupun untuk menyambut tamu yang berkunjung. Sehingga dalam pemilihan jenis sofa pun harus berpanduan pada kenyamanan saat diduduki.


Demikian artikel yang dapat disampaikan mengenai tips dan cara untuk menentukan jenis sofa kekinian untuk ruang tamu minimalis. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga artikel ini ada manfaatnya.


Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page