top of page

6 Keunggulan Marmer untuk Bangunan

Memiliki bangunan bagus serta mewah merupakan dambaan banyak orang. Untuk menjadikan bangunan bagus dan memiliki nilai estetik yang tinggi perlu diperhatikan berbagai bahan-bahan yang digunakan. Marmer ialah salah satu bahan rekomended untuk membuat bangunan. Setidaknya ada 6 keunggulan marmer untuk bangunan. Apa saja itu? Simak selengkapnya hanya di artikel ini.


Mengenal Marmer

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai berbagai keunggulan marmer, kita akan mengenal batu marmer itu sendiri. Marmer merupakan salah satu jenis batu-batuan metamor yang bisa terbentuk karena suhu yang amat panas sekaligus tekanan dari proses metamorfisme yang terjadi pada batu kapur.


Batuan marmer bisa dibilang batuan yang sangat unik, sebab setiap batu yang ada memiliki corak serta bentuk yang berbeda-beda dan tidak ada yang sama persis. Ini dapat terjadi karena corak tersebut dihasilkan dari proses terbentuknya batu alami. Biasanya corak ini dipakai untuk furnitur, hiasan rumah, kursi antik, meja estetik dan lapisan lantai juga dinding.


Marmer dengan berbagai jenisnya. Sumber: 99.co

Maka bila Anda amati dengan mendetail, bangunan yang menggunakan bahan marmer cenderung memiliki aura khas alami dan sangat unik yang akan Anda rasakan dengan seksama. Tidak heran apabila bangunan dengan bahan marmer sering dijadikan peluang bisnis property karena saat ini cukup banyak peminatnya.


Keunggulan Marmer

Setidaknya telah kami rangkum 6 keunggulan marmer untuk bangunan. Selamat menyimak.


1. Banyak Variasi Corak

Hal pertama yang menjadi keunggulan marmer ialah karena marmer memiliki corak atau guratan yang unik dan khas. Menurut para ahli guratan yang ada dipermukaan marmer bertujuan untuk memberikan kesan mewah, alami dan juga eksotis. Ada banyak variasi motif seperti yang terkenal ada bening dan mineral berkilau.


2. Bentuk Indah nan Mewah

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, kelebihan yang paling nampak dari penggunaan marmer ialah bangunan yang terlihat lebih mewah, elegan dan tampilan satu ruangan serasa kelas esekutif. Karena itu tidak jarang kita melihat banyak bangunan dan apartemen yang mewah menggunakan marmer untuk melapisi dinding serta lantainya.


Perlu diketahui bersama, marmer memiliki banyak varian warna, baik satu warna maupun multicolor. Sehingga pilihan dekoratif murni ada di tangan kita selaku konsumen. Bahkan untuk menjadikan lantai marmer, Anda bisa memotongnya menjadi segitiga atau persegi panjang dengan beragam ukuran. Potongan mosaik yang sulit pun juga bisa dikerjakan.


Untuk memilih marmer, Anda bisa menjelajahi marketplace serta beragam toko online lainnya. Disana akan ditemui berbagai produk yang lebih bermacam-macam dengan harga yang cukup menggiurkan. Selain itu, warna dan motif yang unik dan menarik juga bisa Anda temukan pada website-website online.


3. Perawatan Mudah serta Tahan Lama

Mengenai keunggulan berikutnya ialah proses perawatan marmer yang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Marmer ialah salah satu material alam dengan pengolahan yang cukup khas, karena itu perlu adanya perawatan yang intensif.


Mudah merawatnya. Sumber: www.adigunamasonry.co.id

Lantai marmer sebenarnya tak memerlukan perawatan khusus. Itu hanyalah mitos dan kurang tepat. Sama seperti lantai keramik yang ada di asrama serta bangunan tinggi, Anda dapat mulai membersihkannya dengan air. Bila ada noda-noda membandel, pembersih lantai dapat menjadi alternatif solusi.


4. Digunakan di Semua Ruangan

Keunggulan marmer berikutnya ialah marmer dapat Anda gunakan di ruangan mana saja, misalnya saja dari dapur, kamar, ruang tamu, teras dan berbagai ruangan lainnya. Motifnya yang beraneka ragam membuat Anda dapat memilih marmer manakah yang sekiranya sesuai dengan konsep desain ruangan yang ada pada bangunan.


Melihat dari beragamnya corak marmer yang ada, Anda bisa menggunakan marmer dengan corak dan jenis marmer sesuai keinginan Anda. Namun untuk hasil yang lebih optimal, disarankan untuk menggunakan layanan jasa poles marmer yang terkenal dan rekomended, supaya hasilnya memuaskan.


Kekurangan Marmer

Meski memiliki segudang kelebihan, marmer juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Setidaknya dengan kita memperhatikan ini tidak ada rasa menyesal dikemudian hari. Selamat menyimak.


1. Harga Tidak Bersahabat

Sesuai pemaparan diatas, marmer merupakan barang mewah yang antic, bahkan antara satu marmer dengan marmer lainnya memiliki motif yang berbeda-beda dan sama sekali tidak ada yang sama. Ini menunjukkan kalau terbatas dan esekutifnya batuan satu ini. Sehingga wajar bila harga yang dibanderol mencapai tiga kali lipat dari keramik biasa.


Memang dengan tampilan setiap marmer yang membawa makna tersendiri, juga karena proses dalam memproduksi marmer tersebut memerlukan tingkat kerumitan yang cukup tinggi, menjadikan biaya marmer tidak bersahabat dengan kantong konsumen.


2. Permukaan yang Licin

Kekurangan marmer yang perlu juga menjadi bahan diskusi ialah permukaannya yang licin. Ini disebabkan pembakaran dan finishing saat proses pembuatan marmer sedang berlangsung. Marmer juga tidak mudah kering saat basah melanda. Maka solusinya, marmer lebih cocok ditempatkan menjadi dinding kamar mandi dan tidak lantainya.


Marmer punya permukaan yang licin. Sumber: kumparan.com

Namun bila Anda ingin tetap menggunakan marmer sebagai lantai kamar mandi, pasanglah di area yang jarang terkena air alias selalu kering. Bagi keluarga yang memiliki buah hati, disarankan untuk tidak menggunakan marmer di tempat bermain anak, agar anak-anak tidak terpeleset.


3. Pemasangan yang Tak Mudah

Salah satu poin kekurangan marmer berikutnya ialah pemasangan yang tidak mudah. Diperlukan kejelian dan kecermatan tingkat tinggi untuk memasang material satu ini. Karena salah sedikit saja bisa berakibat fatal pada marmer.


Akhir kata, itulah beberapa keunggulan marmer untuk bangunan Anda. Setidaknya dari uraian diatas dapat menjawab sedikit banyak pertanyaan Anda tentang marmer. Anda dapat membaca artikel kami lainnya tentang tips pidato dan air terjun Cunca Rami. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page