top of page

Wisata Air Terjun Cunca Rami Di Manggari Barat Yang Lagi Hits DI NTT

Saat ini air terjun di Indonesia menjadi wisata sebagian besar masyarakat. Wisata air terjun tersebut memang terkenal dengan keindahan alam dan menyejukan. Bahkan tidak semua orang datang ke air terjun hanya untuk berendam melainkan untuk bersenang-senang menghilangkan stress dan menghilangkan penat. Air terjun adalah arus air yang mengalir melalui suatu formasi batuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian.


Banyak air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi sering terjadi. Karena air terjun sendiri mulanya dari air sungai atau di badan air yang jatuh dari atas tebing berbatu menuju kolam terjun yang berbentuk kolam yang alami dibawahnya. Dengan pergerakan air yang disebabkan karena hakekat air akan bergerak dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Air terjun cunca rami sendiri biasanya menjadi sebuah daya tarik para wisatawan yang ingi berlibur dan menyaksikan keindahan alam yang sangat indah.


Tetapi ada beberapa air terjun yang luar biasa keunikannya. Dibawah ini akan saya jelaskan secara singkat mengenai wisata air terjun Cunca Rami di sekitar Kota Labuan Bajo NTT sebagai berikut:


Asal Mula Air Terjun Cunca Rami


Air Terjun Cunca Rami ialah artinya adalah air terjun yang ada di tengah hutan. Diambil dari kata Cunca yang artinya air terjun sedangkan Rami yang berarti hujan. Air Terjun Cunca Rami tersebut memang berada di kawasan tengah hutan tropis Flores, yaitu hutan Mbeliling yang terletak di Desa Cunca Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Yang terdapat tiga air terjun di kawasan tengah hutan Mbeliling ini diantaranya adalah air terjun Cunca Wulung, air terjun Cunca Rami dan air terjun Cunca Lolos.

Namun jika anda yang berkeinginan berkunjung ke Labuan Bajo dan merencanakan untuk menginap beberapa hari di Labuan Bajo, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi di Air Terjun Cunca Rami. Dengan begitu anda akan menghabiskan waktu di air terjun tersebut dengan keindahan yang sangat menakjubkan. Karena air terjun tersebut menawarkan keindahan alam seperti Surga yang tersembunyi di Labuan Bajo.


Air Air Terjun Cuanca Rami tersebut berada di ketinggian 1.200 mdpl dan memiliki debit air yang cukup besar. Air terjun Cunca Rami ini memiliki ketinggian 30 meter dan terdapat kolam alami yang menampung banyak air yang sering dijadikan tempat berenang oleh para wisatawan yang mengunjungi di air terjun Cunca Rumi tersebut.


Rute menuju ke air terjun cunca rami


Rute perjalanan ke air terjun tersebut jika berangkat dari Bandara Labuan Bajo atau dengan menggunakan paket layanan labuan bajo tour anda bisa langsung di tempat tujuan dengan aman dan nyaman. Namun air terjun tersebut berjarak sekitar satu jam perjalanan. Untuk mencapai air terjun cunca rami ini kita harus berjalan selama kurang lebih satu jam lamanya untuk melintasi hutan dan gunung Mbeliling terlebih dahulu.



Selanjutnya kita tidak perlu khawatir kebosanan walaupun berjalan melalui hutan. Karena selam di dalam perjalanan menuju air terjun tersebut, kita akan menjumpai pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Dalam perjalanan ini kita juga bisa menjumpai hutan produktif dengan berbagai tanaman dan tumbuhan seperti kemiri dan vanili. Dan perlu diketahui juga kita harus mempersiapkan fisik dna pakaian celana panjang yang ringan, handuk dan sepatu yang memadai untuk perjalanan menuju ke jalur air terjun cunca rami dengan melewati hutan Mbeliling


Dengan melalui jalan yang menurun sepanjang kurang lebih 2 kilometer dan memakan waktu setengah jam sampai 1 jam. Sedangkan untuk perjalanan pulang menuju Desa Cunca Lolos air terjun tersebut, harus melewati jalur perjalanan yang panjang namun jika anda lalui justru menanjak dengan jarak tempuh sekitar satu jam sampai 1,5 jam.


Kemudian kita berlanjut dengan menyusuri sungai kecil yang memiliki aliran air yang jernih. Apabila beruntung kita dapat menemukan juga tanaman-tanaman bunga yang indah di sepanjang perjalanan di sekitar sungai tersebut. Dengan begitu kita dapat menempuh perjalanan kurang lebih selama satu jam tersebut, kita dapat menikmati objek wisata air terjun iniipun dapat dilihat dan merasakannya betapa indahnya pemandangan air terjunnya.

Jam Buka Air Terjun Cunca Rami


Jika kita benar-benar ingin mengunjungi Objek wisata air terjun ini maka kita harus menentukan jam buka dan tiket masuknya. Kita bisa berkunjung ke lokasi wisata ini dalam jam kerja selama 24 jam sepanjang pekan. Namun juga sangat disayangkan kalau anda berkunjung ke air terjun cunca rami pada waktu malam hari. Selain anda tidak bisa menikmati keindahan air terjun dengan kurangnya cahaya penerangan untuk menuju lokasi air terjun ini tentu anda akan menghambat kita dalam perjalan panjang menuju lokasi air terjun cunca rami.


Fasilitas


Dengan begitu kita tidak akan dikenakan biaya apapun untuk menikmati wisata alam tersebut. Karena fasilitas di tempat ini juga belum tersedia sehingga setiap pengunjung yang akan berganti pakaian setelah bermain air terjun harus berganti di tempat-tempat pojokan di sekitar air terjun. Adapun fasilitas di kawasan air terjun ini masih banyak yang tersedia. Meskipun tidak ada hotel, kita bisa menginap di homestay yang tersedia di desa Cuanca Laos.


Daya tarik Di Air Terjun Cuanca Rami


Daya tarik di air terjun ini adalah menyaksikan langsung dibawah air terjun keindahan dari langit yaitu pelangi. Pelangi tersebut terjadi dari sinar matahari yang mengenai percikan air terjun. Sungguh pemandangan yang indah dan eksotik, hal ini tidak setiap hari dapat dilihat terjadi. Namun jika anda beruntung saja. Jadi siapkanlah momen liburan yang baik anda apalagi saat pelangi muncul dari langit.


Sehingga anda dapat memaksimalkan pelangi tersebut dengan mengambil foto sebagai hadiah kenang-kenangan. Perjalanan panjang saat di hutan menuju cunca rami ini di perjalanan pulang dan balik menjadi salah satu aktivitas dan kegiatan menarik pertama yang bisa dilakukan oleh para wisatawan. Hal ini cukup menarik dari perjalanan panjang ini kita cukup bervariasi dilewati. Setelah sampai di lokasi air terjun maka aktivitas yang dinanti-nanti adalh berenang.

Air yang melimpah jernih dan bersih ini seakan membuat para wisatawan atau pengunjung tidak sabar lagi untuk terjun langsung ke kolam air terjun yang tersedia. Airnnya pun cukup menyegarkan untuk kita minum sekalian menemni keseruan berenang dan sambil menyelam.Di sekitar air terjun kita juga dapat menemukan kekayaan flora dan fauna di hutan Mbeliling. Di hutan tropis ini kita dapat menemukan kekayaan berbagai binatang seperti burung endemik flores dan melihat langsung berbagai hewan secara langsung di hutan Mbeliling ini.


Demikian ulasan mengenai air terjun cunca rami di Manggarai Barat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca. Jangan lupa juga untuk membaca artikel kami yang lainnya mengenai goa rangko tempat wisata kekinian di NTT yang wajib anda kunjungi. Selamat berlibur!


Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page