top of page

8 Tips Untuk Menyampaikan Pidato Dihadapan Orang Banyak



Pidato merupakan mengungkapkan pemikiran dalam bentuk kata-kata yang dimaksudkan kepada orang banyak untuk menyambut kedatangan tamu, menyatakan selamat, memperingati hari raya atau hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan yang lain. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara atau orator (orang yang ahli berpidato) harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih mendominasi pembicaraan. Kemudian pendengar harus mendengarkan hal-hal yang disampaikan oleh pembicara baik dalam bentuk kata-kata (verbal) atau bukan kata-kata (non verbal) sehingga yang disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan lebih baik. Tips ini mungkin akan membantu anda dalam berbisnis, mungkin artikel berjudul Pengertian, jenis-jenis dan Manfaat Dalam Digital Marketing Untuk Bisnis Anda ini juga.

Disaat kita berpidato, tentu kita harus mampu menarik fokus para pendengar, dibawah ini adalah tips untuk menyampaikan pidato dihadapan orang banyak.


1. Menyampaikan pidato dengan tenang

Disaat kamu menyampaikan pidato di depan orang banyak, mungkin kamu akan ada rasa gugup. Hal ini membuat pidatomu kurang maksimal dan membuat pendengar kehilangan fokus mendengarkan mereka. Maka dari itu, sebelum kamu berpidato sebaiknya kamu menenangkan diri dahulu, buat diri kalian nyaman kemudian baru mulailah pidato anda.


2. Memahami materi yang akan disampaikan

Sebelum kamu berpidato di depan para penonton, kamu harus mengetahui dan paham terlebih dahulu tentang materi yang akan kamu sampaikan. Sehingga kamu dapat untuk meminimalisir potensi untuk terjadinya kesalahan-kesalahan saat kamu menyampaikan pidato di depan orang banyak.


3. Pakai ekspresi wajah dan tubuh yang tepat

Ekspresi tubuh dan wajah juga dapat membuat pidato anda lebih baik. Ekspresi tubuh dan mimik wajah akan menambah kuat suasana tema dari pidato yang dibawakan. Misal jika pidato tersebut bertema tentang berjuang, maka mimik wajah yang serius dan gerak tubuh yang bersemangat akan membawa suasana penonton yang bersemangat. Misal jika pidato tersebut bertemakan komedi, maka mimik wajah yang ceria dan gerak tubuh yang gembira akam membawa suasana penonton lebih ke santai dan lebih menambah keakraban antara pembicara dan pendengar.

Ekspresi yang tepat menggambarkan pidato akan menarik perhatian para pendengar, berbeda jika ekspresi yang dibuat oleh pembicara tidak menggambarkan pidato yang disampaikan. Hal tersebut akan membuat pidato tidak menarik atau bahkan aneh.




4. Penyampaian dengan suara lantang

Saat menyampaikan pidato sebaiknya sampaikanlah secara landang. Hal tersebut dapat membuat para penonton pidato anda terfokus terhadap materi pidato yang kamu sampaikan dan mudah untuk menyerap materi pidato yang disampaikan.


5. Memperhatikan ejaan dan tanda baca

Memperhatikan ejaan dan tanda baca adalah hal yang peting saat kamu berpidato, dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca maka para pendengar akan lebih mudah menerima yang kamu sampaikan. Karena jika tidak memperhatikan ejaan dan tanda baca, suatu kalimat akan dapat berbeda makna dari yang diinginkan.


6. Ambil waktu jeda untuk menghela nafas atau tidak tergesa-gesa

Disaat anda berpidato sampaikanlah secara jelas tanpa terburu-buru. Hal ini berhubungan dengan menyampaikan pidato dengan tenang. Jika anda berbicara secara tergesa-gesa akan terlihat tidak terkontol dan materi dari pidato anda akan sulit dimengerti oleh pendengar atau bahkan kata-kata anda akan terdengar aneh. Jadi, menyampaikan secara perlahan atau anda dapat mengambil jeda waktu beberapa detik untuk menghela nafas agar tenang untuk penyampaian pidato yang jelas.




7. Berinteraksi dengan pendengar

Anda dapat berinteraksi dengan pendengar agar menambah keakraban anda dengan pendengar. Sebelum memulai pidato anda dapat menyapa para pendengar terlebih dahulu dengan sapaan yang ramah dan ditengah pidato anda dapat menyisipkan pertanyaan yang akan dilempar ke para pendengar. Dengan berinteraksi dengan pendengar, anda juga akan menarik perhatian mereka.


8. berdiri dengan posisi tegak

disaat anda membawakan pidato, semua mata pendengar akan terpusat padamu. Jadi, posisi berdiri yang tegak akan terkesan berwibawa, tidak denga posisi membungkuk atau posisi yang lain yang tidak enak untuk dipandang.


Itulah beberapa tips untuk menyampaikan pidato dihadapan orang banyak. Diluar tips tersebut ada faktor eksternal juga yang dapat membuat pidato ada lebih baik adalah menggunakan podium minimalis agar mata pendengar terfokus kepada anda dan juga ukuran podium minimalis yang disesuaikan dengan anda. Kami merekomedasikan di podiumminimalis.com untuk harga podium minimalis atau harga podium pidato yang terjangkau.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa membaca artikel kami lainnya di blog ini dengan judul Proses Produksi Berita Televisi

Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page