top of page

Informasi Yang Diperlukan Sebelum Berwisata

Dalam kegiatan wisata ada berbagai hal yang perlu disiapkan. Selain fisik yang sehat, keuangan yang cukup dan rencana yang baik tentunya kita harus meninformasi yang diperlukan sebelum berwisata. Hal ini tentu sangat penting apalagi ketika destinasi wisata yang dikunjungi berada jauh diluar kota.

Pada masa sekarang untuk mencari berbagai informasi yang diperlukan sebelum berwisata sangat mudah dicari melalui internet. Dengan cukup berbekal smartphone yang bisa dibeli dengan harga dibawah satu juta dan juga kuota internet kita bisa menjelajahi dan mencari informasi apapun di belahan dunia.

Dengan menggunakan bekal informasi yang diperlukan sebelum berwisata diharapkan kita akan mendapatkan harga dan pelayanan yang terbaik dari jasa yang kita gunakan. Dan ketika berwisata kita tidak terganggu dengan masalah teknis yang sebenarnya bisa diselesaikan ketika kita memiliki informasi yang cukup.

Berbagai informasi yang diperlukan sebelum berwisata agar kegiatan wisata kita berkesan.

Ada beberapa informasi yang harus kita dapatkan sebelum kita benar-benar memulai berwisata. Dan pada uraian di bawah ini memberikan gambaran tentang informasi apa yang hendaknya harus kita cari. Berikut uraiannya.

Informasi destinasi tempat wisata yang dikunjungi

Ketika kita berwisata di suatu kota yang jauh dari tempat tinggal kita, misalnya saja kota Jogja maka kita harus mengetahui destinasi wisata apa saja yang tersedia di kota ini. Jika kita menyukai wisata pantai maka sebelumnya kita hendaknya mencari informasi dan gambaran beberapa destinasi wisata pantai di Jogja.

Hal ini perlu dilakukan agar ketika kita sudah sampai di lokasi wisata ternyata apa yang kita perkirakan dan kita bayangkan tidak sesuai dengan kenyataan. Jika berencana ingin berenang maka carilah informasi pantai yang aman untuk berenang. Dan untuk anda yang memiliki keinginan berwisata keliling dunia maka wisata pemandangan landmark dunia Merapi Park Jogja cukup direkomendasikan jika tujuan wisatanya adalah Jogja.

Pencarian tentang informasi destinasi wisata selengkap-lengkapnya harus dilakukan agar kita mengetahui keadaan tempat wisata sedetail mungkin. Jangan sampai ada kejadian ketika kita mengunjungi suatu tempat wisata kebun binatang di suatu kota ternyata kita baru tahu kalau koleksi satwanya kurang lengkap dan malah lebih lengkap koleksi binatang di kebun binatang kota kita sendiri.

Informasi transportasi yang tersedia.

Jika anda memutuskan berwisata ke Jogja jangan harap bisa menemukan transportasi umum yang akan melewati jalan-jalan kecil. Transportasi publik terutama bus di Jogja memang mengalami kemunduran dan menyebabkan beberapa penyedia layanan transportasi publik berupa armada bus gulung tikar. Sebagai gantinya adalah transportasi online dan juga sewa mobil yang menjamur. Baik sewa mobil dengan tarif murah sampai sewa mobil mewah Alphard di Jogja semua tersedia.

Informasi penginapan yang direkomendasikan

Keluar kota untuk berwisata selama beberapa hari tentu memerlukan tempat bermalam. Dalam bermalam disuatu hotel atau penginapan selain kenyamanan dan ketenangan, harga yang murah juga menjadi pertimbangan. Beberapa penginapan murah di dekat Malioboro bisa menjadi rekomendasi ketika tujuan wisata adalah Jogja.

Selain murah penginapan yang ada di Jogja rata-rata memiliki desain interior yang cukup bagus karena dikerjakan oleh desainer interior hotel di Jogja. Dan kita tahu bahwa para desainer yang ada di Jogja biasanya merupakan lulusan dari Institut Seni Indonesia salah satu sekolah seni terpopuler di Indonesia.

Informasi tempat makanan khas

Memutuskan berwisata ke Lombok tentu kurang lengkap tanpa menikmati ayam Taliwang di rumah makan khas Lombok di Mataram. Begitu juga ketika ke Jogja pastinya gudeg yang menjadi andalan wisata kuliner di Jogja. Maka sebelum berkunjung ke suatu kota carilah informasi mengenai makanan khas yang ada di kota tersebut. Selain itu cari juga informasi tempat makan yang banyak direkomendasikan oleh netizen.

Informasi kebiasaan atau adat masyarakat

Dalam peribahasa ada istilah ‘dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung’ memang benar adanya. Karena seseorang yang berada di suatu daerah lain yang tidak mengetahui adat setempat pasti akan menimbulkan masalah. Misal saja ketika kita menanyakan suatu tempat dan menghentikan kendaraan kita dan langsung bertanya kepada orang di pinggir jalan tanpa mematikan mesin, tanpa turun dari kendaraan, tanpa melepas helm maka jika hal ini adalah kurang sopan jika dilakukan di Jogja. Oleh karena itu kebudayaan atau adat daerah yang akan kita tuju sebagai tempat wisata harus kita pelajari.

Demikian ulasan mengenai informasi yang diperlukan sebelum berwisata. Dan jika memang mau memutuskan untuk berwisata ke Jogja jangan lupa membaca artikel tentang perlengkapan yang harus di bawa ketika pergi ke Jogja.

Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page