top of page

Pahami Tips Memilih Furniture yang Cocok Untuk Interior Rumah

Furniture merupakan perabotan rumah tangga yang kegunaannya bukan hanya sebagai pelengkap kebutuhan dalam rumah namun juga untuk menghiasi tampilan rumah. Kata “furniture” berasal dari bahasa Perancis yakni “fourniture” (1520-30 Masehi). Fourniture memiliki kata fournir yang artinya furnish atau perabot ruangan atau rumah. Meskipun mebel furniture memiliki makna yang berbeda, namun yang ditunjuk sama yakni lemari, kursi, meja dan sebagainya.


Dalam pembuatan furniture biasanya menggunakan mebel kayu jati, namun saat ini selain kayu juga dapat menggunakan besi sebagai furniture pelengkap ruangan hunian anda. Bagi mereka yang punya selera tinggi, proses pemilihan furniture kadang kala menjadi hal yang sulit. Akan ada banyak pertimbangan yang mengiringi pemilihan furnitur baik berdasarkan selera maupun kebutuhan.

Ruang Santai Dengan Konsep Serba Putih, Sumber: Instagram/@Scandunaland


Sebuah hunian tidak akan lengkap jika tidak terdapat furniture di dalamnya. Furniture dianggap sebagai bagian yang cukup penting dalam pembuatan rumah. Bahkan furniture yang memiliki nama sama belum tentu memiliki fungsi yang sama. Oleh sebab itu anda perlu tahu tips memilih furniture agar rumah tampak lebih luas, berikut 7 tips memilih furniture yang cocok untuk interior rumah:


1. Sesuaikan Dengan Kondisi Ruangan

Sebelum memilih furniture yang cocok, perhatikan terlebih dahulu kondisi ruangan dan memilih material bangunan untuk menempatkan barang barang tersebut. Yang sangat perlu diperhatikan selanjutnya adalah saat memilih furniture rumah harus mengetahui kondisi ruangan di rumah yang akan digunakan baik dilihat dari desain, warna dan ukurannya. Contoh jika anda memiliki ruangan yang luas, anda harus meletakkan furniture yang sesuai dengan ukuran suatu ruangan.


Selain itu perhatikan desain furniture yang Anda pilih namun sebelumnya tentukan terlebih dahulu konsep yang akan diambil pada ruangan yang akan Anda letakkan furniture tersebut. Pastikan untuk memilih desain furniture yang tidak lekang oleh waktu supaya kita tak perlu repot mengganti perabotan di masa yang akan datang di samping itu juga bisa menghemat biaya.


2. Tentukan Tipe Furniture

Langkah awal yang harus dipersiapkan adalah menentukan tipe furniture yang cocok dengan selera anda. Pastikan memilih furniture yang disesuaikan dengan desain rumah, misalnya anda akan menghuni rumah yang memiliki tema minimalis Maka anda juga harus memilih furniture untuk konsep rumah minimalis pula.


Tentukan tipe furniture dengan realistis, tipe furniture apa yang paling ideal bagi hunian Anda. Setelahnya, barulah Anda dapat masuk ke tahapan lainnya, mulai dari pengukuran ruang (luas, tinggi lantai dan plafon, bentuk dinding, dsb); pemilihan cat atau warna yang senada dengan dinding; penetapan desain; serta penyesuaian dengan perabot lain yang sebelumnya sudah ada di dalam ruang Anda.


3. Tentukan Bahan Furniture

Bahan untuk furniture rumah pilihan anda, harus ditentukan agar sesuai dengan ekspektasi dan harapan anda. Ada banyak bahan furniture yang tersedia di pasaran. Namun untuk usia dan ketahanan yang lebih lama, Anda bisa memilih furniture dengan konstruksi kayu atau menggunakan konstruksi besi.

Ruang Keluarga Dengan Konsep Semi Modern, Sumber: Instagram/@Scandunaland


Tidak hanya masalah kekuatan namun juga sesuaikan dengan kondisi ruangan, dengan demikian anda dapat menentukan bahan yang cocok dengan ruangan rumah hunian anda. salah satu contohnya jika ingin menggunakan furniture berbahan kayu, bisa ditemui dalam ragam furniture Jepara. Selain terkesan alami; kayu juga memiliki daya tahan yang lebih bagus, ketimbang bahan lain seperti alumunium atau kayu partikel.


4. Tentukan Ukuran Furniture

Untuk menentukan ukuran furniture, kembali lagi harus menyesuaikan dengan ukuran atau kondisi suatu ruangan. Alasan ini dilakukan agar pada saat penentuan ukuran tidak terkesan kebesaran atau kekecilan. Contohnya jika anda memiliki hunian minimalis, ragam furniture yang cocok diisi keruangan adalah ragam furniture berukuran kecil hingga sedang, atau sebaliknya.


Jika kita memaksakan untuk meletakkan furniture tidak sesuai dengan spesifikasi ruangan, akan mengakibatkan ketidak cocokan. Adapun memaksakan untuk meletakkan furniture yang terlampau besar pada ruangan minimalis hanya akan membuat ruangan terasa sempit, sumpek, dan tidak nyaman.


5. Pemilihan Warna

Pemilihan warna yang tepat untuk furniture, menyesuaikan dengan tema yang akan diusung di ruangan tersebut. Adapun cara mudahnya, bisa dengan menyelaraskan warna dominan yang ada di dalam ruang serta menghindari penerapan warna kontras rendah baik dengan dinding rumah maupun dengan marmer untuk bangunan interior rumah. Kedua cara ini sendiri amat penting, terutama untuk menjamin kehadiran furniture agar menyatu dan tidak menimbulkan ketimpangan yang mampu merusak keindahan ruang.


Lakukan Pemilihan warna yang senada dengan dinding maupun elemen dekorasi interior yang lain. Karena pemilihan warna yang tepat juga seringkali membuat kita menjadi lebih nyaman dalam beraktivitas. Karena warna yang sesuai dengan keinginan kita akan membawa mood menjadi lebih baik sehingga stress akibat pekerjaan dapat dikurangi dan diminimalisir.


6. Tentukan Penempatan Perabotan

Penempatan perabotan atau furniture harus sudah ditentukan untuk mendukung penataan di suatu ruangan. Biasanya untuk tipe rumah minimalis, anda bisa membagi ruangan menjadi dua fungsi. Hal ini berguna agar nantinya anda bisa mendapatkan space ruangan yang lebih luas. Jadi, anda bisa membuat sudut kanan sebagai ruang keluarga dan sisi lainnya sebagai ruang tamu.

Ruang Makan Dengan Konsep Modern, Sumber: Instagram/@Scandunaland


Penempatan furniture sebenarnya berhubungan dengan ukuran suatu ruangan. Penggunaan satu ruangan dengan dua fungsi juga berguna dalam hal penghematan perabot atau furniture, misalnya anda bisa menggunakan buffet, rak atau cabinet selain sebagai tempat tv, juga bisa menjadi pembatas ruangan. Peletakan perabot juga berhubungan dengan ukuran furniture, baiknya memang anda harus memastikan terlebih dahulu perabot akan diletakkan dimana.


7. Sesuaikan Anggaran

Apa pun jenis furniture yang dipilih, disarankan untuk menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Jika memang harus membeli furniture dengan harga yang murah pastikan anda sudah memahami bagaimana kualitas barang tersebut nantinya. Sebenarnya ada beberapa tips memilih furniture yang bisa anda pertimbangkan dalam upaya untuk menghemat pengeluaran.


Untuk upaya penghematan anggaran, ada beberapa tips yang harus anda perhatikan yaitu:

  • Memilih perabotan hemat energy.

  • Memilih perabotan dengan warna netral.

  • Selalu mengecek label garansi yang diberikan.

  • Tidak membeli furniture untuk rumah sekaligus.

Dengan tips yang kami bahas diatas, semoga dapat memberi kemudahan kepada anda dalam memilih furniture yang cocok untuk interior rumah.


Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page