top of page

Pengertian,jenis-jenis dan Manfaat Dalam Digital Marketing Untuk Bisnis Anda.

Saat ini sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0. dimana saat ini ditandai dengan masuknya teknologi digital yang canggih dan teknologi di mana pelanggan di banjiri dengan pesanan dari pemasaran sepanjang waktu. Masuknya teknologi tersebut telah menjadi sangat sulit bagi perusahaan untuk meningkatkan efisien perusahaan tanpa pemasaran terutama digital marketing dikarenakan penyesuaiannya yang cepat dari internet dan penggunaan perangkat lainnya.


Hal tersebut dapat terjadi karena adanya media digital yang da[ata membantu untuk mempromosikan produk yang ingin dijual dari perusahan tersebut. Salah satu teknik pemasaran yang tepat dan banyak digunakan hampir semua perusahaan adalah digital marketing. Dengan inovasi yang cukup kecil pada media digital seperti website dan pemasaran berbasis web, banyak pasar baru dan pelanggan dapat tertarik melalui teknik pemasaran ini


Bagi anda yang ingin mengetahui seputar digital marketing atau dengan istilah internet marketing. Namun bagi yang baru tahu tahap awal ingin menerapkan, terkadang ada kebingungan yang harus memulai dari mana dan apa saja yang harus dilakukan. Kami sendiri sering mendapati pelanggan yang masih mengerti apa jenis-jenis, tujuan dan manfaat di dalam digital marketing. Berikut contoh jenis-jenis, tujuan dan manfaat dalam digital marketing.

Jenis-Jenis Digital Marketing Untuk Bisnis Anda


Pada umumnya digital marketing adalah segala jenis aktivitas pemasaran yang menggunakan media elektronik seperti internet. Maka digital marketing jelas mewakili semua aktivitas pemasaran scara online. Namun mengundang beberapa aktivitas bersifat offline juga. Namun pemasaran dalam internet tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan penjualan tetapi juga mencangkup iklan untuk produk dan layanan baru hingga membangun hubungan pelanggan dan berikut contoh jenis-jenis dalam digital marketing atau pemasaran internet atau secara online.


Search Engine Optimization (SEO)


Search Engine Optimization (SEO) adalah pengoptimalan mesin telusur atau pencari seperti google, bing dll, sehingga situs mendapatkan peringkat tambahan kualitas konten terbaik. JIka tujuan anda adalah menarik banyak pengunjung anda diharuskan mengoptimalkan konten seperti menentukan kata kunci yang relevan untuk judul, deskripsi, isi web dan menbangun backling yang relevan. Tanpa hal tersebut website anda akan sulit ditemukan oleh para pengunjung. Perlu diketahui juga layanan ini sering black hat SEO maka hal tersebut akan mengganggu anda untuk mengoptimasi dalam mesin pencarian suatu halaman tersebut.


Email Marketing


Email marketing adalah salah satu metode digital marketing yang banyak diminati. Yang sering diartikan sebagai media promosi tahap selanjutnya untuk menjaga calon customer tersebut dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk maupun jasa anda. Dengan email tersebut anda dapat memberikan informasi yang update seputar program promosi. Strategi pemasaran email biasanya berusaha untuk mencapai satu atau lebih dari tida tahun utama untuk memangun loyalitasa, kepercayaan atau kesadaran merk. Maka para pelaggan baru santat menyakinkan pelanggan saat ini untuk membeli dengan segera dari berbagai iklan atau promosi.

Website


Website adalah persyaratan yang paling penting untuk menang dalam persaingan digital. aplikasi ini sering kita kunjungi ketika di dunia maya, dengan ini aplikasi ini kita dapat mencari informasi, mencari hiburan ataupun belanja secara online.Anda tinggal meng mengetikan url berupa nama domain yang kita buka, sebelum nantinya kita diarahkan ke homepage web tersebut.


Anda juga dapat mengatakan bahwa situs web adalah “toko digital” untuk perusahaan anda yang akan dapat menggantikan keberadaan toko fisik atau tum penjualan konvensional. Tugas utama situs web dalam pengembangan perusahaan anda adalah untuk membantu pelanggan memahami penjualan produk atau layanan anda, sebagai perwakilan penjualan 24 jam, dan menunjukkan profesionalisme perusahaan anda


Social Media Marketing

Social Media Marketing ini untuk berbagai keperluan seperti sarana komunikasi. Dengan menggunakan sosial media anda dapat membangun hubungan harmonis dengan pelanggan anda. Dengan media social media marketing ini anda bisa berkumpul dan komunikasi hakan sebagai media mencari informasi, kini juga semakin dioptimalkan penguasa sebagai sarana promosi bisnis mereka. Selain untuk meningkatkan mereka perusahaan media sosial juga digunakan sebagai komunikasi dan interaksi antara perusahaan dan konsumen.


Pemasaran Konten (Content Marketing)

Pemasaran konten adalah jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar atau pengunjung. Tujuan utama dari konten adalah sebagai penarik aksi menguntungkan dari para pelanggan yang memiliki potensial. COntoh pemasaran konten antara lain adalah : Halaman website, Postingan Blog, Social Media video dan lain sebagainya.

Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis Anda


Dengan manfaat digital marketing tersebut anda bisa mendapatkan tidak perlu ragu menjalankan digital marketing bisnis anda. Perlu anda ketahui juga sistem digital marketing telah banyak memberikan manfaat besar bagi para perusahaan maupun konsumen manfaat tersebut adalah:


Mengamati Pesaing


Pesaing dalam dunia bisnis adalah hal yang wajar. Dengan digital marketing dimana semuanya sangat mudah terhubung. Kamu bisa mengamati strategi pesaing apa yang digunakan oleh pesaing untuk bisnisnya. Selain itu anda juga bisa bersaing bisnis anda dengan menggunakan digital marketing.


Lebih Dekat Dengan Konsumen


Anda bisa menjalin komunikasi dengan konsumen melalui media digital. Maka berikan pelayanan terbaik agar konsumen mantap membeli produk anda namun biasanya konsumen menyukai penjualan yang memberikan respons sepatu dan pelayanan dengan ramah.Maka kelebihan ini membuat bisnis Anda bisa mendapatkan pelanggan setia sekaligus mendatangkan konsumen baru.


Membuat anda Lebih Hemat


Selain kemudahan dan dekat dengan konsumen digital marketing memiliki banyak manfaat untuk bisnis yang anda jalankan dengan aplikasi tersebut anda membuat bisa lebih hemat biaya. Pasalnya digital marketing bisa dikatakan lebih hemat dan efektif jika dilihat dari sisi tenaga dan waktu yang dikeluarkan dibanding dengan cara langsung dan tradisional. Apa bila dulu kita harus mencetak brosur atau pamflet atau media cetak lainnya, maka semakin berkembangnya zaman pemasaran digital marketing, kita tidak perlu mengeluarkan biaya dan tenaga untuk mencetak brosur dan menyebarkannya. Maka dengan adanya media sosial secara gratis anda sudah bisa menyediakan slot iklan untuk produk anda di akun sosial media anda.


Memberikan Kemudahan dalam Bisnis


Mengetahui perubahan bisnis merupakan hal yang sangat penting. Masalahnya tidak semua pengusaha atau pebisnis bisa dengan cepat mengetahui perubahan dalam bisnisnya. Namun dengan cara strategi di ini tidaka akan menjadi masalah karena perubahan bisnis bisa dengan mudah anda ketahui tanpa harus menunggu waktu yang lebih lama. Sehingga sangat mungkin bisnis dikelola tanpa perlu merekrut banyak karyawan. Bahkan tidak tertutup kemungkinan bisa dikelola sendiri, sehingga menjadi lebih mudah dan juga bisa anda lakukan dengan cepat.

Menjangkau Penggunaan Smartphone

Saat ini para pengguna smartphone memang banyak sekali jumlah pengakses internet di dunia. Oleh karena itu pengguna smartphone bisa menjadi pangsa pasar yang cocok buat bisnis anda. Kehadiran smartphone sekaligus disertai perilaku para konsumen yang ingin berinteraksi dengan internet.


Memberikan Kemudahan dalam Bisnis

Mengetahui perubahan bisnis merupakan hal yang sangat penting. Masalahnya tidak semua pengusaha atau pebisnis bisa dengan cepat mengetahui perubahan dalam bisnisnya. Namun dengan cara strategi di ini tidaka akan menjadi masalah karena perubahan bisnis bisa dengan mudah anda ketahui tanpa harus menunggu waktu yang lebih lama. Sehingga sangat mungkin bisnis dikelola tanpa perlu merekrut banyak karyawan. Bahkan tidak tertutup kemungkinan bisa dikelola sendiri, sehingga menjadi lebih mudah dan juga bisa anda lakukan dengan cepat.

Menghemat Biaya Promosi

Manfaat digital marketing yang paling dinikmati oleh pebisnis adalah bisa dilakukan dengan mudah murah dan sangat ekonomis yaitu menghemat biaya promosi. Oleh karena itu bagi anda yang baru memulai bisnis dan berkeinginan bisnis anda dapat cepat dikenal banyak orang, sebaiknya pilihlah strategi digital marketing untuk menjalankan promosi.

Demikian artikel diatas mengenai jenis-jenis dan manfaat dalam digital marketing bisnis yang dapat saya sampaikan semoga dapat membantu anda untuk melakukan strategi pemasaran digital yang untuk mencapai target bisnis anda. Semoga bermanfaat!

Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page