top of page

17 Jenis Madu yang Ada di Indonesia

Berbagai jenis Madu - Madu memiliki berbagai manfaat yang sangat banyak untuk tubuh kita, tidak heran jika kebutuhan orang akan madu sangat banyak sekali. sekarang madu banyak di manfaat baik sebagai obat maupun untuk mendapatkan kebutuhan materiil.

Di Indonesia sendiri, masyarakat dari dulu sudah memanfaatkan madu sebagai obat yang sangat efektif dalam menyembuhkan maupun meringankan gejala berbagai penyakit. Madu yang biasa mereka gunakan adalah madu hutan, madu hasil ternak dan madu herbal.

Jika sebelumnya banyak pertanyaan kenapa madu rasanya manis, jawabannya adalah karena di dalam madu terdapat kandungan seperti unsur monoksida fruktosa dan glukosa, bahkan manisnya madu hampir sama dengan manisnya gula.

Madu merupakan hasil hutan yang sangat digemari karena manfaatnya sangat beragam. Selain dikonsumsi langsung, madu juga bisa menjadi bahan membuat berbagai jenis makanan. Kini madu banyak juga di produk yang sangat berkualitas seperti Britis Propolis yang memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat madu untuk kesehatan didapat dari kandungan nutrisinya yang beragam. Di samping gula yang membuatnya terasa manis, madu mengandung banyak sekali senyawa aktif, seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, serta flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid. Kandungan tersebut juga terdapat pada produk lain yang dihasilkan lebah, seperti propolis.

Manfaat madu bagi tubuh manusia

Apa aja sih manfaat madu yang itu? berikut ini kami rangkum berbagai manfaat madu yang wajib kalian ketahui:

1. Menangkal radikal bebas

2. Meningkatkan imunitas tubuh

3. Meredakan batuk

4. Mempercepat penyembuhan luka

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

6. Menjaga kesehatan jantung

Selain memiliki berbagai macam manfaat, madu juga ada berbagai jenis lo. apa aja sih jenis-jenis madu itu? berikut penjelasannya.

Jenis-jenis madu di Indonesia

Berikut ini ada beberapa jenis madu yang ada di Indonesia:

1. Madu Tawon

Gambar: Madu tawong yang sangat mahal dan bagus untuk tubuh, sumber: @tokopedia

Madu tawon gung termasuk salah satu madu termahal karena madunya yang jarang dan sulit ditemukan. Tidak banyak orang yang sudah menternakkan tawon untuk madunya di gunung, jadi harganya yang mahal ialah karena madu yang langka dan sulit didapat.

Tawon liar tersebut menghasilkan madu berwarna kehitaman. Madu ini sering digunakan untuk memasak, tambahan pada minuman, bahkan sebagai bahan dasar kosmetik.

2. madu bangka pahit

Gambar: Madu pahit Bangkalan, sumber: @tokopedia

Madu pelawan atau yang lebih dikenal dengan sebutan madu pahit Bangka adalah madu yang bersumber dari lebah liar Apis dorsata yang menghisap sari bunga pohon pelawan. Yang membuat madu ini unik adalah pohon pelawan ini merupakan pohon langka yang hanya ada di Pulau Bangka, Sumatera.

3. Madu Embun


Gambar: Ilustrasi lebah menghisap embun, sumber: @tokopedia

Madu embun (honeydew) adalah suatu zat manis yang lengket seperti tetesan embun di atas daun dan kulit pohon yang dihasilkan oleh beberapa jenis serangga yang menghisap cairan tumbuhan.

Banyak sekali orang-orang yang menjual madu embun ini, karena manfaatnya cukup bagus. Jika kalian ingin mendapatkan madu ini, caranya gampang sekali. Cukup kalian searching di internet, disitu pasti akan muncul semua berbagai macam toko yang menjual madu embun secara online.

4. Madu Bunga Karet


Madu karet merupakan madu yang dihasilkan dari pohon karet, biasanya ini terjadi karena lebah menghisap nektar-nektar yang ada di pohon karet. madu jenis sudah banyak orang membudidayakannya.

Madu jenis ini cocok bagi kalian untuk dikonsumsi karena memiliki manfaat seperti madu-madu pada umumnya yang membedakannya hanya rasa dan nektar dari pohon karetnya saja.

5. Madu Randu

Hampir mirip dengan madu karet yang dihasilkan karena lebah menghisap nektar dari pohon karet, begitu pula dengan madu randu yang dihasilkan dari nektar pohon randu pula. Madu yang dihasilkan dari nektar pohon randu ini memiliki rasa yang khas, yakni rasanya manis dan sedikit asam.

Madu ini warnanya sedikit coklat, jika kalian ingin mendapatkan madu ini, kalian bisa mengunjungi para penjual madu randu ini baik secara langsung kepada penjual atau peternak madu randu maupun membelinya secara online.

6. Madu Kaliandra

Madu kaliandra juga merupakan madu yang dihasilkan karena lebah menghisap nektar dari pohon kaliandra. madu ini bagus bagi kesehatan tubuh dan Madu ini sangat mudah di temukan di seluruh indonesia karena untuk mendapatkannya tidak begitu sulit.

Hampir semua masyarakat indonesia mengkonsumsi madu untuk alasan kesehatan atau bahkan kecantikan, dan tak jarang juga yang menggunakan madu sebagai bahan olahan.

7. Madu kopi

Dilihat dari namanya, madu kopi merupakan madu yang dihasilkan dari nektar bunga pohon kopi. Lebah yang secara sengaja di ternak di perkebunan kopi biasanya akan menghasilkan madu kopi.

Aroma kopi yang kuat tidak dapat dihindari, sehingga lebah yang menghisap nektar bunga kopi juga akan menghasilkan madu kopi yang memiliki aroma harum seperti kopi. Siapa sangka, madu kpi ini sangat kaya akan zat hidrat arang dan vitamin lainnya.

8. Madu Pahit Bangka

Madu pahit bangka juga dikenal sebagai madu pelawan. Hal ini tak lain dikarenakan madu pahit bangka ini berasal dari lebah liar apis dorsata yang menghisap sari bunga pohon pelawan. Madu ini menjadi sangat langka karena pohon pelawan merupakan pohon langka yang hanya tumbuh di pulau Bangka, Sumatera.

9. Madu Hutan Sumatera

Madu hutan Sumatera merupakan madu yang juga paling populer di indonesia. Madu ini merupakan madu yang banyak di jual- di supermarket dan tempat-tempat lainnya.

Pada umumnya madu ini akan semakin populer dan banyak dicari menjelang bulan suci Ramadhan atau Hari Raya Idul Fitri. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa madu bisa menjadi bahan olahan yang lezat. Menjelang Hari Raya Idul Fitri banyak kalangan masyarakat yang membuat olahan kue berbahan dasar madu.

10. Madu Hutan Timor

Salah satu daerah yang oleh-oleh khasnya madu adalah daerah Nusa Tenggara Timur. Madu hutan Timor merupakan madu yang paling banyak dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.

Hal ini dikarenakan madu ini termasuk ke dalam madu terbaik di Dunia ke 3 setelah Yunani dan Australia. Madu hutan Timor merupakan madu yang diambil dari pohon tertinggi yang ada di pulau Timor, pantas saja ya madu ini jadi madu terbaik, untuk mendapatkannya saja butuh perjuangan.

11. Madu Hutan Sumbawa

Madu ini berasal dari lebah liar penghisap nektar bunga di hutan daerah Sumbawa. Pohon bidara atau ziziphus mauritiana biasanya menjadi tempat para lebah untuk bersarang hingga menghasilkan madu hutan Sumbawa.

Daerah Sumbawa merupakan daerah yang cukup panas dan kering sehingga madu yang dihasilkan juga memiliki kadar air yang rendah dibanding madu yang lainnya.

12. Madu Kelengkeng

Madu kelengkeng merupakan madu yang dihasilkan dari lebah yang berada di kawasan yang didominasi oleh pohon kelengkeng. Madu kelengkeng ini merupakan madu yang memiliki campuran antara rasa manis dan gurih.

Jika dibandingkan dengan madu lainnya madu kelengkeng ini merupakan madu yang paling banyak digunakan untuk dikonsumsi langsung.

13. Madu Klanceng

madu klanceng yang merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah yang menghisap nektar dari berbagai jenis bunga, atau dengan kata lain madu ini merupakan madu perpaduan dari beberapa khas nya rasa madu yang lain.

14. Madu Kelulut

Madu kelulut cukup unik dibandingkan dengan jenis madu asli Indonesia lainnya. Warnanya hitam dan memiliki rasa manis yang bercampur dengan sedikit asam. Madu yang dihasilkan oleh lebah kelulut ini punya banyak khasiat untuk tubuh. Salah satunya adalah bermanfaat untuk mengatasi penyakit kronik.

15. Madu Rambutan

Madu rambutan dihasilkan oleh lebah yang diternakkan di sekitar perkebunan rambutan. Uniknya, madu ini memiliki rasa dan aroma mirip buah rambutan. Meskipun begitu, rasanya tidak semanis madu hutan. Madu ini memiliki warna kuning tetapi tidak keruh seperti madu kebanyakan.

Khasiat yang ditawarkan oleh madu rambutan cukup menggiurkan. Mengkonsumsi madu asli Indonesia ini dapat membantu mengoptimalkan kinerja ginjal, melancarkan urine, mengatasi sakit pinggang, dan lainnya.

16. Madu Hutan Kalimantan

Selain madu hutan Sumatera, madu hutan Kalimantan pun menjadi favorit dan banyak dijual di pasaran. Tekstur yang tidak terlalu kental jika dibandingkan dengan jenis madu asli Indonesia lainnya. Gunakan madu ini sebagai penambah rasa untuk melengkapi berbagai jenis makanan dan minuman.

17. Madu utan Jambi

Madu hutan Jambi memiliki kandungan gula yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Tidak heran, jika madu ini sangat berguna sebagai sumber energi. Madu hutan Jambi kini sudah banyak dijual di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

semua madu di atas sangat ampuh dalam menyembuhkan berbagai penyakit serta dapat meringankan menyembuhkan penyakit seperti radang tenggorokan. Ini tak jika banyak orang yang memproduksi herbal radang tenggorokan yang terbuat dari madu asli yang berkualitas.

Itulah beberapa manfaat serta jenis-jenis madu yang ada di Indonesia. Muda-mudahan dengan adanya artikel ini menjadi alternatif bagi kalian untuk mengetahui dan memilih berbagai jenis madu yang ada di Indonesia.


Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page