top of page

Selain Ayam Taliwang, Inilah Makanan Khas Lombok yang Patut Dicoba

Selain Ayam Taliwang, Inilah Makanan Khas Lombok yang Patut Dicoba

Pulau Lombok sangat terkenal dengan keindahan berbagai tempat wisata yang masih alami. Sangking alaminya sampai-sampai anda lupa bahwa anda masih berada di Indonesia bukan di Luar Negeri. Karena anda benar-benar akan merasakan wisata yang begitu alami.

Namun selain tempat wisata, lombok juga terkenal dengan makanan yang khas yang cita rasanya begitu istimewa yang tidak bisa anda jumpai pada makanan daerah yang lainnya. Jadi anda harus mencoba makanan khas lombok ini.

Makanan Pulau Lombok yang paling terkenal adalah Ayam Taliwang. Yaitu makanan yang berbahan ayam yang berasal dari daerah karang taliwang, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Daging ayam yang dibakar kemudian di bumbuhi dengan sambal khas taliwang dan kemudian di sajikan dengan makanan khas lombok lainnya yaitu plencing kangkung.

Nah bagaimana kebayangkan bagaimana nikmatnya ayam taliwang, apalagi dengan melihat gambar makanan ayam taliwang yang asli diatas. Tapi ternyata makanan khas lombok yang terkenal bukan hanya itu saja. Berikut akan kami jelaskan sedikit tentanf makanan khas lombok yang patut anda ketahui dan coba.

1. Plecing Kangkung

Makanan khas yang terdiri dari kangkung yang direbus kemudian disajikan dengan sambal tomat. Kadangkala saat penyajiannya ditambahkan dengan tauge, kacang panjang rebus, kacang tanah goreng ataupun urap. Makanan ini biasanya disajikan sebagai pendamping dari makanan ayam taliwang. Dan rasanya sangat cocok sekali berdampingan dengan ayam taliwang.

2. Nasi Balap

Selain ayam taliwang yang sudah terkenal oleh manca negara, nasi balap juga sama terkenalnya di manca negara. Makanan khas lombok ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan nasi lainnya. Disajikan dengan suwiran daging ayam yang diolah dengan cabai, kemudian ditambahkan kacang kedelai lalu dibarengi dengan udang kering.

Perbedaannya dengan makanan lainnya adalah lauk yang berupa suwiran ayam yang dimasak dengan cabai. Rasanya yang cukup pedas dan tidak biasa membuat makanan ini cocok dimakan disaat kapan pun anda lapar. Karena makanan ini akan mengembalikan mood anda menjadi lebih baik.

2. Ayam Rarang

Selain ayam taliwang, ada juga makanan khas lombok lainnya yang berbahan ayam adalah ayam rarang. Dilihat dari gambarnya saja sudah menunjukkan kalau makanan ayam rarang memilikki rasa yang pedas karena berwarna merah menyala.

Ayam rarang berbeda dengan ayam taliwang, bumbu yang dipakai di ayam rarang lebih banyak dibandingkan dengan ayam taliwang. Selain itu bumbu yang dipakai juga dimasak terlebih dahulu sebelum disajikan bersama ayam nya.

3. Sate Bulayak

Makanan selanjutnya adalah jenis sate khas lombok yang bernama sate bulayak. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dilumuri dengan bumbu khas lombok dan kemudian disajikan dengan lontong (bulayak).

Bulayak adalah bahasa daerah lombok yang berarti lontong. Dari situ lah nama sate bulayak ini berasal. Perpaduan antara sate dan bumbu yang meyerupai kare dan dimakan bersama lontong sungguh tiada duanya. Anda bisa mencicipi makanan ini seharian penuh.

4. Sate Tanjung

Selanjutnya masih sama dengan yang sebelumnya yang berjenis makanan sate. Kali ini bernama sate tanjung. Berbeda dengan sebelumnya yang berbahan daging sapi, sate tanjung berbahan dari daging ikan tanjung.

Selain itu sate tanjung ini disajikan tanpa menggunakan saus kacang. Karena pada proses pembuatannya, daging ikan yang sudah digiling langsung si campurkan dengan bumbu-bumbunya lalu di bakar. Oleh karena itu, saat penyajiannya sudah terasa enak tanpa ditambahkan dengan saos lainnya.

Mungkin itu dulu yang bisa kami bagikan kepada anda tentang ulasan makanan khas lombok lainnya. Mungkin lain waktu akan kami tambahkan agar lebih bevariasi.

Jika anda berminat menikmati masakan-masakan yang dijelaskan diatas, anda bisa mengunjungi rumah makan khas lombok di jalan pantai kuta lombok. Rasanya yang benar-benar khas lombok bisa membuat anda menjadi kangen terus dengan daerah lombok. Jadi pastikan anda untuk tidak melewati rumah makan ini tanpa mampir terlebih dahulu.

Sekial dari kami, jika ada salah dan kurang kami mohon maaf. Sampai Jumpa di artikel kami lainnya

Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page