top of page

Keunikan Wisata Lombok Yang Menjadikan Liburan Berkesan

Lombok memiliki keuikan wisata yang berbeda dengan destinasi wisata di Indonesia. Keunikan wisata Lombok bisa dilihat dari berbagai destinasi wisata yang ditawarkan dan juga kesan yang diperoleh selama berwisata di pulau Lombok.

Ulasan di bawah ini akan memberikan penjelasan mengapa keunikan wisata Lombok berbeda dengan destinasi wisata lainnya di Indonesia. Bagi anda yang belum pernah ke Lombok mungkin akan membuat anda penasaran. Inilah keunikan wisata Lombok.

Masakan Yang Pedas

Masakan di Lombok sangat populer karena kepedasannya. Kuliner paling populer dan ada di berbagai warung makan diluar Lombok adalah ayam Taliwang. Selain Ayam Taliwang, kuliner yang patut di coba ada berbagai macam dan rata-rata seperti masakan Lombok lainnya adalah bercitarasa pedas. Ada ayam rarang, ayam pelalahan, sate bulayak dan sebagainya.

Sebenarnya ada juga masakan khas Lombok yang tidak bercitarasa pedas seperti Ares yang terbuat dari batang tanaman pisang. Masakan khas Lombok yang konon diciptakan saat masa paceklik ini memang dibuat dari batang pohon pisang atau gedebog. Salah satu masakan unik ini memang sudah jarang ditemukan dan dijual di berbagai kedai makanan akan tetapi anda bisa mendapatkannya dengan gratis ketika ada hajatan pada masyarakat Lombok.

Keindahan Wisata Gili

Mungkin inikah wisata yang tidak ada selain hanya di pulau Lombok. Gili merupakan pulau kecil di tengah laut yang dijadikan destinasi wisata. Pulau kecil yang dijadikan destinasi wisata tersebut biasanya masih asri, tidak berpenghuni, dan memiliki pemandangan yang indah. Karena itulah pulau yang dinamakan Gili tersebut menarik banyak wisatawan.

Selain wisata gili yang menawarkan sensasi surga ditengah laut, Lmobok juga menawarkan wist aaalam berupa pegunungan dan berbagai spot wisata yang ada di daratan baik dataran rendah, pegunungan atau perkotaan. Sejalan dengan banyaknya destinasi wisata di Lombok, jasa transportasi di Lombok juga berkembang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penjualan mobil untuk usaha rental.

Rata-rata mobil rental merupakan type MPV akan tetapi untuk penjualan mobil yang diperuntukkan kepentingan pribadi didominasi type hatchback. Harga mobil Honda Lombok type hatcbhack seperti Brio meskipun tergolong mahal dengan nama besar Honda, penjualannya termasuk laku keras. Ini juga mengindikasikan bahwa masyarakat di Lombok mulai menguat dalam sisi ekonomi.

Keunikan Suku Sasak

Suku Sasak menjadi daya tarik tersendiri di pulau yang mendapat predikat pulau seribu masjid ini. Dengan masih menjunjung kebudayaan dan adat lokal, Suku Sasak bertahan ditengah kemajuan pariwisata di Lombok. Ada banyak hasil dari peradaban suku Sasak yang dapat dimanfaatkan nilai ekonomisnya. Seperti kain tenun khas Sasak, Desa wisata suku Sasak dan berbagai hasil kerajinan khas Lombok.

Beberapa informasi yang diperlukan sebelum berwisata ada baiknya harus diketahui oleh para wisatawan yang akan berwisata. Seperti di berbagai destinasi wisata lainnya di Indonesia destinasi wisata Lombok juga menerapkan aturan dan etika yang tidak tertulis. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata tidak mudah salah paham dengan penduduk lokal seperti Suku Sasak.

Suku Sasak yang mayoritas beragama Islam meskipun masih memegang adat dan budaya leluhur setempat akan tetapi kebudayaan dan adat yang berbau Islam juga sangat dihormati dan dipegang teguh. Maka tak heran jika Lombok menjadi destinasi wisata halal tingkat dunia.

Pelancong Australia

Seperti halnya pulau Bali yag banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, Lombok juga banyak dikunjungi wisatawan dari luar negeri. Mayoritas turis asing yang mengunjungi Lombok adalah Australia. Dengan memanfaatkan layanan Lombok tour package yang dikeluarkan oleh jasa perjalanan lokal dan internasional, para wisatawan yang menuju ke Lombok akan dilayani dengan profesional.

Kebiasaan dari turis asing yang berkunjung ke Lombok adalah mereka mengunjungi pulau Bali terlebih dahulu baru kemudian menyeberang ke pulau Lombok. Namun ada juga yang langsung terbang ke Lombok dan melanjutkan perjalanan ke wisata Komodo di Labuan Bajo setelah puas berwisata di pulau Lombok..

Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page