top of page

Desa Wisata Yogyakarta Populer

Yogyakarta merupakan gudangnya wisata di pulau jawa. Di tiap kabupaten di Yogyakarta pasti terdapat desa wisata yang sering dijadikan tujuan wisata oleh berbagai penyedia jasa perjalanan wisata. Sehingga desa wisata Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata. Keberadaannya merata hampir di setiap kabupaten, dan dari desa wisata Yogyakarta yang ada memiliki pemandangan yang indah. Maka tak heran ungkapan beberapa wisatawan mancanegara yang mengatakan Yogyakarta tourism is in its natural beauty.

Yogyakarta bagian utara menjadi area di Yogyakarta yang pertumbuhan desa wisatanya paling pesat dibandingkan dengan area lainnya. Karena didukung kondisi alamnya yang subur dan kaya akan sumber air menjadikan area utara Yogyakarta menjadi salah satu pusat produksi pertanian , peternakan dan perikanan. Sehingga daerah ini menjadi pemasok dari permintaan kebutuhan daging kambing di Yogyakarta yang tinggi.

Desa WIsata di Sleman

Dewi Kembar

Salah satu desa wisata Yogyakarta yang berada di turi adalah Desa Wisata Kembang Arum atau biasa disebut dengan Dewi Kembar. Desa wisata Yogyakarta satu ini memiliki konsep desa wisata pendidikan. Sehingga desa wisata ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata anak anak terutama usia SD, SMP dan bahkan SMA.

Desa wisata ini dibuka dan diresmikan tahun 2005. Desa wisata ini menawarkan kegiatan melukis bagi anak-anak. Dengan melukis di sanggar lukis yang berada di dekat sungai dan juga taman membuat kegiatan melukis bagi anak-anak jadi tidak membosankan. Selain itu terdapat kolam pemancingan dan kolam renang alami untuk berenang. Permainan tradisional bagi anak-anak juga di hadirkan disini seperti egrang, dakon dan sebagainya.

Desa Wisata Kelor

Desa wisata ini menawarkan permainan luar ruangan yang menyenangkan. Ada beberapa permainan yang ditawarkan disini seperti flyig fox dan berbagai permainan yang menantang adrenalin. Tersedia juga area berkemah yang berada di dekat kebun salak yang merupakan kebun khas Sleman. Dengan sungai bedok yang mengalir jernih menambah suasana asri desa wisata ini. Tidak kalah dengan penginapan murah di dekat Malioboro, diantara rumah penduduk terdapat juga joglo yang bisa disewa untuk bermalam.

Desa Wisata Kelor menawarkan suasana pedesaan yang nyaman, asri dan ramah. Dengan keberadaan desa wisata ini masyarakat yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani, peternak dan pembudidaya jamur ini banyak terbantu.

Desa Wisata Pulesari

Wisata yang ditawarkan Desa Wisata Pulesari adalah susur sungai bedog yang sangat menarik. Sungai yang dingin, jernih dan di kelilingi tebing dengan tetesan air ini sangat menarik untuk di susuri. Dan tentu saja tebing disini adalah tebing batuan sungai yang terbentuk dari lava pijar ratusan tahun lalu, bukan tebing batuan alam seperti tebing breksi di Yogyakarta bagian timur yang dapat dipahat.

Selain itu ada juga praktek wirausaha. Selain itu di desa wisata Yogyakarta bagian utara ini juga terda[at homestay yang dapat disewa. Dan harga sewa homestay disini cukup murah yaitu berkisar 30 ribu rupiah. Untuk menu makanan yang tidak mahal wisatawan juga bisa memesan paket makan berupa sayur tradisional khas Jawa yang sayurnya berasal dari ladang warga setempat.

Desa wisata ini terletak di Wonokerto,Turi, Sleman. Jika datang berombingan bisa menyewa bus atau Hiace di persewaan hiace Yogyakarta. Dengan keindahan alam yang mempesona wisatawan disini dibebaskan memilih paket wisata yang telah disediakan. Biasanya yang datang di tempat wisata ini adalah wisatawan rombongan yang datang menggunakan bus dan memilih paket wisata rombongan.

Desa Wisata Pentingsari

Desa wisata Yogyakarta ini berada di ujung utara dekat dengan Gunung Merapi di propinsi Yogyakarta. te[atnya berada di Umbulharjo Kecamatan Cangkringan. Desa wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah, keramahan penduduk dan juga wisata budaya. Pelajaran bercocok tanam juga di tawarkan di desa wisata ini. Dengan langsung terjun ke sawah, membajak sawah, menangkap ikan menjadikan berwisata disini menjadi menarik.

Desa wisata ini menawarkan petualangan lava tour yaitu berpetualangan menyusuri daerah yang dahulu terkena dampak leusan gunung Merapi. Karena perjalanannya yang menggunakan kendaraan jip maka perjalanan yang disebut Lava Tour ini akan mengasyikan.

Desa yang dahulu terdampak letusan gunung ini terdapat area untuk outbond bagi pengunjung wisatawan rombongan. Menyusuri sungai yang membelah desa ini juga merupakan kegiatan yang sangat menarik.

Demikian beberapa desa wisata Yogyakarta yang populer di Yogyakarta. Anda bisa berkunjung ke beberapa desa wisata di Yogyakarta ini melalui penyedia jasa wisata di Yogyakarta yang juga melayani wisatawan mancanegara.

Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page