top of page

Berbagai Produk Kerajinan Tembaga yang Unik

Produk kerajinan tembaga adalah salah satu yang unik. Karena tembaga sebagai logam merupakan bahan baku yang memiliki kelebihan dibandingkan bahan baku logam lainnya untuk beberapa produk kerajinan seperti Replika Pintu Masjid Nabawi, Kubah Masjid, pemanas makanan, interior dinding rumah dan berbagai produk kerajinan tembaga lainnya.

Karakteristik Logam Tembaga

Tembaga adalah logam yang pertama kali ditemukan dan menjadi permulaan zaman logam setelah beralih dari zaman batu. Logam yang satu ini memiliki karakteristik yang unik sehingga pada saat itu dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai produk dan peralatan sehari-hari yang memudahkan manusia. Bagaimana sebenarnya karakteristik logam tembaga?

Dilihat dari warnanya, logam ini memiliki warna yang berbeda dari logam lainnya. Jika kebanyakan logam berwarna mengkilat antara putih hingga kuning terang, tembaga berwarna coklat kemerahan. Karena warnanya yang unik ini, wajar jika ada yang menjadikan tembaga sebagai bahan dari perhiasan padahal harganya tidak tinggi sebagaiman emas dan perak.

Dilihat dari sifatnya sebagai logam, tembaga adalah salah satu logam yang keras. Maka, logam ini biasa dijadikan peralatan untuk memasak. Selain itu, sifat penghantar panas dan listriknya juga baik. Di zaman modern ini tembaga dijadikan sebagai bahan penghantar listrik seperti pada kabel dan dinamo.

Produk Kerajinan Tembaga

Pintu Masjid Nabawi

Di Indonesia, yang terkenal sebagai salah satu sentra pengrajin kerajinan tembaga adalah Cepogo di Boyolali. Tempat ini memiliki sejarah seputar keberadaan pengrajin tembaga sejak masa lampau. Hingga kini, Cepogo menjadi salah satu obyek wisata yang menampilkan berbagai produk kerajinan tembaga di rumah-rumah warganya.

Ada banyak produk kerajinan tembaga yang khas. Namun kali ini kita hanya akan membahas beberapa diantaranya. Simak informasinya berikut ini.

1. Replika Pintu Masjid Nabawi

Pintu nabawi atau replika pintu masjid nabawi begitu digemari sebagai ornamen bangunan seperti masjid, gedung kantor dan lainnya. Hal ini tentu saja karena desainnya yang menarik dan menjadi ciri khas. Selain itu, bahan tembaga yang memiliki warna coklat kemerahan atau kuningan yang mengkilap menjadi nilai tambah mengapa replika pintu nabawi ini digemari.

2. Kubah Masjid Tembaga

Kubah masjid tembaga ternyata dikenal lebih awet dibandingkan kubah yang berbahan logam aluminium dan besi. Aluminium dan besi cenderung berubah seiring dengan umurnya yang semakin lama ditambah dengan perubahan cuaca yang ada. Sehingga kubah aluminium atau besi lebih sering perlu direparasi. Sedangkan kubah tembaga tidak.

Kubah masjid berbahan tembaga ternyata memiliki unsur logam yang tidak berkurang meskipun digunakan dalam waktu lama dengan interaksinya terhadap cuaca. Sehingga kubah tembaga lebih bertahan, tetap kuat dan bisa digunakan lebih lama. Kekurangan yang ditemukan pada kubah tembaga karena sudah terlalu lama biasanya ada di perubahan warnanya.

Namun kubah tembaga yang masih baru memiliki warna yang menarik. Kubah masjid memang seharusnya memperlihatkan kemegahan layaknya mahkota pada bangunan. Warnanya yang merah kecoklatan dapat menarik perhatian dari jauh dan lebih menarik dibandingkan warna putih alumuniun dan gelap pada material besi. Sehingga, kubah masjid tembaga relatif tidak perlu diberi tambahan pewarna seperti cat.

Kubah Masjid dari Tembaga, sumber : kaskus

3. Pemanas Makanan Tembaga

Chafing dish atau pemanas makanan tembaga adalah salah satu produk pengrajin kerajinan tembaga yang diminati oleh para pelanggan. Pemanas makanan tembaga ini biasanya digunakan untuk menghidangkan makanan dalam waktu lama misalnya pada sebuah acara makan-makan atau pesta. Dengan pemanas makanan ini, temperatur sajian makanan senantiasa awet.

Tembaga termasuk logam yang harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan logam lainnya. Meskipun begitu, warna logam tembaga yang menarik yaitu coklat kemerahan dengan kesan mengkilap begitu cocok untuk berbagai macam tampilan sajian makanan yang dihindangkan. Jadi menggunakan pemanas makanan tembaga adalah salah satu pilihan yang tepat.

Bahan tembaga ataupun kuningan sangat aman untuk digunakan tempat makanan seperti sayuran dan lain sebagainya. Ditengah maraknya dari bahan-bahan sintetis yang sangat berbahaya jika masuk kedalam tubuh, chafing dish ini bisa dijadikan solusi untuk sajian makanan di rumah Anda. Chafing dish ini tidak akan menimbulkan efek negatif pada makanan, bahkan barang-barang yang terbuat dari tembaga dan kuningan mempunyai manfaat kesehatan untuk tubuh.

Itu dia beberapa produk kerajinan tembaga yang sering menjadi pesanan para pelanggan. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Simak terus artikel menarik lainnya di halaman abuziyadsaifullah.com.

Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page