top of page

Berbagai Taman Bunga di Jogja yang Patut Dikunjungi

Untuk Anda yang ingin mengunjungi spot wisata di Jogja, cobalah mengunjungi berbagai taman bunga di Jogja. Spot wisata jenis ini baru-baru saja digandrungi terutama bagi pengunjung yang aktif di media sosial seperti instagram. Karena selain menikmati pemandangannya yang indah, pengunjung juga bisa berfoto. Berikut informasinya.

1. Taman Bunga Celosia

Selain bunga matahari, taman yang berisi bunga Celosia juga bisa menjadi pilihan. Tanaman ini terbilang unik. Selain memiliki warna yang cerah dan indah, bentuknya juga berbeda dari bunga pada biasanya. Lebih dari itu, spot wisata yang juga merupakan tempat selfi dengan latar pemandangan bunga Celosia di Jogja terdapat lebih dari satu tempat.

Untuk yang berada masih berdekatan dengan taman bunga Matahari di pantai Samas, terdapat Resoinangun Garden. Resoinangun Garden Bantul ini berada tidak jauh dari Pantai Samas, lokasi tepatnya berada di Jalan lintas Pantai Samas, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai ke lokasi, Anda membutuhkan waktu sekitar 49 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermula dari titik awal kota Jogja dengan jarak kurang lebih 25 Kilometer.

Selanjutnya adalah Taman Bunga Asri. Taman Bunga Asri ini berada di Jalan Lintas Selatan, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai ke lokasi, Anda membutuhkan waktu sekitar 44 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermula dari titik awal kota Jogja dengan jarak kurang lebih 25 Kilometer.

Taman Bunga Celosia, sumber : Liputan6

Tempat lainnya adalah di sekitar Kemadang. Lokasi Taman Bunga Celosia ini berada di Dusun Ngalos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta dan lokasinya tidak jauh dari Pantai Kukup. Untuk sampai ke lokasi Anda akan menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermula dari titik awal kota Jogja dengan jarak kurang lebih 60 kilometer.

2. Taman bunga Amarilis

Selanjutnya adalah taman yang juga memiliki tanaman khas yaitu bunga Amarilis. Taman Bunga Amarilis Jogja baru dibuka sejak tahun 2015. Awalnya sang pemilik hanya sekedar membuat taman dengan tanaman bunga amarilis yang menjadi tampilan utamanya. Karena lokasinya berada di pinggir jalan sehingga sangat mudah terlihat dan mencolok karena warna bunganya yang unik, taman ini mulai mendapatkan kunjungan.

Taman bunga Amarilis berlokasi di Desa Salam, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari Kota Jogja, perjalanan yang ditempuh sepanjang kurang lebih 27 km ke arah selatan dengan waktu tempuh kurang lebih 1-1,5 jam.

Rute yang ditempuh dari Kota Jogja adalah Jalan Jogja-Wonosari. Dari Kota Jogja masuk ke Jalan Wonosari melewati Piyungan menuju Kecamatan Patuk. Kemudian mengarah ke Desa Salam hingga sampai di Dusun Ngasem. Taman Bunga Amarilis langsung bisa ditemukan karena dapat terlihat dari Jalan Jogja-Wonosari.

Namun perlu diketahui bahwa Bunga Amarilis biasanya bermekaran hanya sekali dalam setahun selama dua hingga tiga minggu. Biasanya bermekaran pada saat awal musim penghujan. Jadi, jika Anda ingin mengujungi taman ini, kunjungilah pada saat masa-masa berliburan akhir tahun.

Semakin sering terkena hujan dan kondisi bunga yang semakin tua setelah bermekaran, maka bunga akan mulai berguguran. Jadi, para pengunjung perlu antisipasi dengan waktu kunjungan ke Taman Bunga Amarilis, yaitu pada saat-saat awal bunga bermekaran.

3. Taman bunga matahari Pantai Samas

Tempat wisata ini terbilang cukup unik karena bukan hanya menampilkan keindahan bunga matahari yang begitu menarik. Namun karena lokasi yang berada di deretan pantai Samas, maka teman yang satu ini merupakan kombinasi antara taman disertai pemandangan pantai yang cerah dan menyejukkan.

Awal ditanamnya bunga matahari ini bertujuan untuk melindungi tanaman cabainya yang sering rusak karena terkena hembusan angin. Sehingga banyak tanaman cabai yang akhirnya rontok dan rusak terkena angina kencang.

Taman Bunga Amarilis Jogja, sumber : Phinemo.jpg

Namun setelah menanam bunga matahari dikeliling perkebunannya ternyata tanaman ini terus tumbuh da berkembang biak dengan sangat subur. Karena bunganya yang indah, membuat beberapa orang tertarik untuk sekedar ikut berselfi diantara bunga-bunga tersebut.

Dan karena kehidupan aat ini di dominasi dengan dunia maya atau akun sosial media, membuat para kebun ini menjadi viral dan akhirnya kebun bunga matahari ini pun ramai di datangi oleh para pengunjung. Bahkan beberapa artis ibukota pun ikut melakukan pengambilan gambar di tempat ini, seperti Adipati Dolken.

Tempat ini berada di pantai samas, desa Srigading, kecamatan Sanden, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk dapat menikmati cantiknya kebun bunga matahari ini anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5000 per orang sebagai tiket masuk. Anda bisa kesini dengan menggunakan kendaraan seperti motor atau pun mobil. Untuk biaya parkirnya mulai dari Rp. 2.000 untuk motor. Untuk anda yang ingin membawa pulang bunga matahari yang ada disini, anda harus membayar Rp. 10.000 untuk satu bunganya.

Itu dia beberapa taman bunga di Jogja. Untuk Anda yang ingin menghiasi rumah Anda dengan taman yang indah, Anda bisa menghubungi go green garden di halaman jasa taman Jogja. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Single Post: Blog_Single_Post_Widget
bottom of page